Rangkuman Tema 4 Semester Kelas 4 SD
Rangkuman Tema 4 Kelas 4 SD
RANGKUMAN KELAS 4 TEMA 4 SUBTEMA 1-3
BERBAGAI PEKERJAAN
Muatan PPKn KD 3.1
1. Pedoman bangsa Indonesia dikenal dengan istilah dasar negara yaitu Pancasila.
2. Sila-sila Pancasila dengan simbolnya
Sila ke | Bunyi Sila | Simbol |
1 | Ketuhanan yang Maha Esa | Bintang |
2 | Kemanusiaan yang adil dan beradap | Rantai |
3 | Persatuan Indonesia | Pohon beringin |
4 | Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan | Kepala Banteng |
5 | Keadilan sosial bagi Indonesia | Padi dan Kapas |
3. Sila Pertama Pancasila
A. Makna lambang sila pertama
Bintang diartikan cahaya kerohanian
Warna hitam diartikan sebagai warna alam yang menunjuk pada Tuhan
B.Contoh penerapan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
a. Memeluk salah satu agama yang diyakini kebenarannya.
b. Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
c. Menghormati orang yang sedang beribadah
d. Melestarikan lingkungan alam sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
C. Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah Kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan.
4. Sila kedua Pancasila
A. Makna Lambang Sila kedua
Mata rantai berbentuk segi empat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
B. Pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.
Di lingkungan keluarga
a. Saling menyayangi antar anggota keluarga
b. Saling membantu pekerjaan rumah
c. Menghormati kedua orangtua kita
Di lingkungan sekolah
a. Hormat kepada Ibu/Bapak Guru
b. Saling menyayangi sesama teman
c. Saling tolong-menolong antar teman
d. Bersikap sopan santun
Di lingkungan masyarakat
a. Memberikan bantuan kepada tetangga
b. Menjenguk tetangga yang sakit
c. Melayat tetangga yang meninggal
C. Nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila: kemanusiaan, persamaan harkat dan martabat manusia
5. Sila Ketiga Pancasila
A. Makna lambang atau simbol sila ketiga itu yaitu pohon beringin, sulur akar pohon beringin melambangkan suku yang ada di Indonesia, yang bernaung dalam satu pohon yang melambangkan Negara Indonesia.
B. Nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila yaitu persatuan, gotong royong, cinta tanah
air.
C. Berikut contoh penerapan nilai-nilai sila ketiga Pancasila.
a. Mencintai produksi dalam negeri.
b. Menghargai budaya daerah lain.
c. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
d. Memajukan daerah demi meningkatkan budaya nasional
5. Beberapa contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari hari
a. Mengakui kesalahan kapada ayah dan ibu
b. Menceritakan masalah yang dihadapi kepada Bapak/Ibu Guru.
c. Bertanya tentang materi yang belum dipahami kepada Bapak/Ibu Guru.
d. Mengerjakan soal ulangan dengan kemampuan sendiri atau tidak mencontek.
e. Tidak mengambil barang milik orang lain.
f. Tidak berlaku curang dan sportif dalam bermain.
Muatan Bahasa Indonesia 3.5
1. Penyampain informasi berdasarkan bacaan dapat ditulis dalam beberapa bentuk seperti diagram venn, diagram kolom, dan diagram frayer.
2. Membuat diagram venn
3. Membuat diagram venn tentang nelayan tradisonal dan nelayan modern
4. Menceritakan proses pembuatan pensil berdasarkan bacaan dalam diagram kolom
Bacalah teks dengan membaca senyap!
Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah. Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus kayu. Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Agar terjaga kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.
Sebelum menulis dalam bentuk kolom carilah kata-kata kunci pada bacaan di atas, kemudian tulislah dalam bentuk kolom seperti di bawah ini!
5. Diagram frayer adalah diagram yang mempermudah penyampaian informasi.
6. Membuat diagram frayer berdasarkan untuk menentukan sikap baik dilingkungan sekitar!:
7. Kejadian atau peristiwa disebut alur. Kejadian tersebut merupakan rangkaian jalan cerita.
8. Unsur penting dalam sebuah alur adalah peristiwa, konflik, dan klimaks. Unsur tersebut akan membuat cerita rekaan menjadi padu.
9. Unsur cerita meliputi intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik terdiri atas tokoh, latar, konflik, alur, dan amanat. Unsur ekstrinsik terdiri atas bahasa dan gaya bahasa.
10. Unsur intrinsik yaitu :
a. Tokoh adalah pelaku dalam cerita yang mengalami peristiwa. Tokoh dibedakan menjadi tokoh utama dan sampingan.
b. Penokohan adalah pelaku dan watak atau sifat tokoh dalam cerita. Watak dibagi menjadi dua yaitu anatagonis dan protagonis.
c. Latar adalah tempat terjadinya peristiwa dalam cerita.
d. Konflik adalah masalah yang ada dalam cerita.
e. Alur adalah jalinan peristiwa dalam cerita.
f. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
11. Pendongeng adalah orang yang menyampaikan dongeng kepada orang lain
12. Unsur dongeng dapat ditulis dalam peta pikiran seperti contoh di bawah ini!
Muatan IPA KD 3.8
1. Tiga cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pelestarian SDA
a. Penghematan, adalah pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan.
b. Perlindungan, adalah upaya pelindungan SDA agar tetap lestari dan tidak mengalami kepunahan.
c. Pemeliharaan, adalah memelihara SDA yang ada agar lestari sehingga dapat digunakan hingga generasi mendatang.
2. Upaya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan rumah sebagai berikut.
a. Menghemat penggunaan air
b. Menghemat penggunaan listrik
c. Menghemat penggunaan bahan bakar
d. Menghemat kertas dan mendaur ulang kertas bekas
e. Menggurangi penggunaan kantong plastik
f. Mengurangi jumlah produksi sampah
g. Memisahkan sampah sebelum di buang di tempat sampah
h. Menggunakan bahan kimia di rumah tangga seperlunya.
3. Upaya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan masyarakat sebagai berikut :
a. Melakukan penghijauan di lingkungan sekitar.
b. Melakukan reboisasi hutan gundul.
c. Melakukan reklamasi di lokasi bekas tambang.
4. Manfaat tananaman bakau
a. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi.
b. Menahan rembesan air laut ke darat.
c. Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri.
d. Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar
e. Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut
f. Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang
5. Cara merawat SDA yang ada dilingkungan sekitar
a. Sungai
· tidak membuang sampah/limbah ke sungai dan menjaga kebersihan sungai
· tidak mandi, buang air kecil/besar di sungai
· tidak mencuci baju di sungai
· membuat daerah resapan di pinggir sungai
· tidak mendirikan bangunan di pinggir sungai
· mananam bambu/tanaman keras dipinggir sungai untuk mencegah erosi
· tidak melakukan penambangan pasir
b. Pantai
· tidak membuang sampah/limbah di pantai
· membersihkan pantai
· tidak menangkap ikan dengan peledak
· menanami tanaman bakau di pinggir pantai
· tidak melakukan penambangan pasir
6. Teknologi memberikan manfaat besar mengelola SDA. Teknologi yang digunakan terdiri atas teknologi sederhana dan teknologi modern.
7. Penggunaan teknologi juga menimbulkan dampak negatif. Misalnya pengambilan ikan tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, encemaran dari tumpahan bahan bakar kapal.
8. Teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, tetapi tidak meninmbulkan dapak negatif bagi lingkungan alam.
9. Sikap yang mencerminkan menghargai sumber daya alam :
No | Contoh Sikap | Penjelasan |
1 | Mengambil nasi secukupnya | Apabila kita mengambil nasi berlebihan ketika makan, maka saat kenyang nasi tersebut terbuang sia-sia. |
2 | Memisahkan sampah organik dan anorganik | Sampah organik dapat dijadikan pupuk dan sampah anorganik dapat didaur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan sumber daya alam |
3 | Merawat tanaman di lingkungan sekitar | Menjaga keseimbangan dan kelestarian tumbuhan |
4 | Menghemat pensil | Menjaga kelestarian granit, tanah liat, dan pohon |
5 | Memanfaatkan barang-barang bekas | Dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan |
10. Sumber Daya Alam Hutan
a. Manfaat hutan
1. penghasil kayu
2. sumber makanan
3. sebagai paru-paru dunia
4. mencegah banjir dan longsor
5. sumber air bersih
6. rumah bagi hewan
b. Dampak hutan yang gundul
persediaan oksigen menipis yang menyebabkan pemanasan global
persediaan air bersih berkurang
sulit mencari sumber makanan
rusaknya habitat hewan
tumbuhan dan hewan akan punah
terjadi bencana longsor dan banjir
c. Cara melestarikan hutan
melakukan tebang pilih
reboisasi (penanaman hutan yang gundul)
menetapkan hutan sebagai taman nasional, cagar alam (tempat pelestarian tanaman langka)
melakukan penghematan untuk penggunaan benda yang berasal kayu
11. Limbah merupakan sisa/buangan yang dihasilkan baik dari proses produksi maupun kegiatan rumah tangga. Limbah terbagi menjadi limbah padat dan limbah cair. Limbah padat yaitu plastik, botol, kaleng, kain, kaca, dan potongan kayu. Limbah cair yaitu air bekas cucian pakaian, air bekas mencuci beras, dan limbah cair pabrik
12. Secara umum penanganan sampah dilakukan dengan prinsip 5R yaitu reduce, reuse, recyle, replace, dan repair.
a. Reduce adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang menghasilkan sampah.
b. Reuse adalah memakai kembali barang-barang yang telah digunakan.
c. Recycle adalah mendaur ulang kembali barang-barang yan telah digunakan.
d. Replace adalah mengganti barang sekali pakai dengan barang yang dapat dipakai berkali-kali atau tahan lama.
e. Repair adalah memperbaiki barang-barang rusak agar dapat digunakan kembali.
16. Pemanfaatan barang bekas :
No | Barang Bekas | Pemanfaatan | SDA yang terbantu penghematannya |
1 | Onderdil sepeda dan sepeda motor | robot-robotan | biji besi |
2 | Botol plastik | kerajinan | minyak bumi sebagai sumber energi pabrik plastik |
3 | perahu yang rusak | hiasan, gantungan kunci, mainan | kayu |
Muatan IPS KD 3.3
1. Pekerjaan merupakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2. Tujuan orang bekerja :
· memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga
· mendapat pengalaman
· dapat berinterasksi dengan orang lain
· untuk mendapat pengakuan atas kemampuannya
· mengejar peningkatan karir dan jabatan
· mencari modal usaha
3. Pekerja yang terlibat dalam lingkungan sekolah :
No | Jenis Pekerjaan | Kegiatan/Tugas yang dilakukan |
1 | Kepala Sekolah | Memimpin sekolah |
2 | Guru | Mengajar |
3 | Satpam | Menjaga keamanan |
4 | TU | Mengurus administrasi sekolah |
5 | Petugas Pelaksana | Membersihkan sekolah dan merawat tanaman |
6 | Pustakawan | Mengelola perpustakaan |
4. Kegiatan ekonomi dan beberapa pekerja yang terlibat :
No | Kegiatan Ekonomi | Pekerja yang Terlibat |
1 | Warung makan | Pelayan, kasir, tukang masak (koki) |
2 | Minimarket | Pelayan, kasir, petugas kebersihan, sales |
3 | Penjual roti | Pelayan, kasir, tukang masak (koki), petugas kebersihan |
4 | Meubel | Tukang, kasir, pelayan, distributor, sales |
5 | Pabrik | Direktur, manajer, pekerja bagian produksi, pekerja bagian distribusi, pekerja gudang, petugas kebersihan, satpam |
5. Kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan nelayan :
Jenis Kegiatan Ekonomi | Jenis barang yang dijualbelikan | Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut | Hasil dari setiap pekerjaan |
Nelayan menangkap ikan, Ikan di jual ke pengepul, pengepul menjual ke pengecer ikan, ikan di jual oleh pengecer ke pembeli. | Ikan | Nelayan, Pedagang Ikan, Pengangkut Barang/distibutor, koki | · Nelayan menghasilkan ikan (Barang) · Pedagang ikan memperoleh untung dari penjualan ikan (jasa) · Tukang angkut barang mendapat upah pengangkutan (jasa) · Penjual ikan memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya (jasa) · Koki mengolah ikan menjadi makanan dan mendapat jasa |
6. Kegiatan ekonomi
No | Jenis Kegiatan Ekonomi | Lapangan Pekerjaan | Hasil dari setiap pekerjaan | Penyebaran Barang |
1 | Jual beli meubel | pengusaha, tukang kayu, penjual, distributor, sales, eksportir | · pengusaha = keuntungan dari usaha yang dilakukan · tukang kayu = upah · penjual = keuntungan dari hasil penjualan meubel · distibuor=jasa pengiriman barang · sales = jasa penawaran barang · eksportir=keuntungan dari penjualan ke luar negeri | rumah makan, sekolah, perkantoran, ekspor, konsumen, tempat ibadat, tempat wisata |
7. Ada dua jenis pekerjaan, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang serta pekerjaan yang menghasilkan jasa
8. Pekerjaan yang menghasilkan barang misalnya :
No | Pekerjaan | Barang yang Dihasilkan |
1 | Tukang kayu | Lemari, kursi, kerajinan |
2 | Penjahit | Baju |
3 | Arsitek | Rumah |
4 | Koki | Makanan |
5 | Nelayan | Ikan |
6 | Petani | Bahan Pangan |
9. Pekerjaan yang menghasilkan jasa :
No | Pekerjaan | Barang yang Dihasilkan |
1 | Supir | Mengendarai kendaraan |
2 | Kurir | Mengantar barang |
3 | Pengasuh | Mengasuh anak |
4 | Montir | Memperbaiki kendaraan |
5 | Guru | Mengajar |
6 | Dokter | Mengobati pasien |
10. Pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus disebut profesi.
11. Jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber daya alam yang digunakan
No | Pekerjaan | Barang yang Dihasilkan | Bahan Asal | SDA yang Digunakan |
1 | Meubel | meja | kayu | pohon |
2 | Peternak sapi susu | keju, susu kental manis, susu bubuk, susu cair | sapi | Sapi |
3 | Penambang batu | batu koral | batu | batu |
4 | Petani jagung | jagung | buah jagung | tanaman jagung |
5 | nelayan | ikan asap, ikan asin | ikan | laut dan ikan |
12. Kegiatan ekonomi mencangkup tiga kegiatan berikut
a. Kegiatan ekonomi produksi. Pelaku kegiatan ekonomi disebut produsen
b. Kegiatan ekonomi distribusi. Pelaku ekonomi distribusi disebut distributor
c. Kegiatan ekonomi konsumsi. Pelaku ekonomi konsumsi disebut konsumen.
13. Kegiatan ekonomi pengerajin kayu
Pohon di hutan ditebang oleh penebang kayu, kemudia dikirim ke agen kayu untuk dibeli oleh pengerajin kayu. Pengerajin kayu membuat meubel kemudian menyetor hasil meubel ke toko meubel. Toko meubel menjual kepada konsumen. Pengerajin kayu juga dapat mengirim langsung ke konsumen.
14. Kegiatan ekonomi pembuatan kain dan baju
a. Teknologi yang digunakan untuk memproses pembuatan kain dan bajuadalah alat pemintal kapas, alat penenun, mesin jahit, mesin obras.
b. Proses pembuatan kain dan baju
Penanaman pohon kapas oleh petani, pemanenan bunga kapas, pengiriman bunga kapas pada industri kain, pemintalan kapas menjadi benang, penenunan benang menjadi kain, penjualan kain oleh toko penjual kain kepada konsumen atau pengiriman kain kepada industri konveksi, pembuatan baju, pengiriman baju ke toko penjual baju atau langsung ke konsumen, toko penjual baju menjual baju kepada konsumen
Muatan SBdP 3.1
1. Menggambar bentuk adalah kegiatan merekam bentuk diatas bidang datar (dua dimensi) melalui media secara tepat.
2. Objek gambar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu bentuk geometris dan non geometris.
3. Bentuk geometris adalah objek yang mempunyai bentuk beraturan, misalnya lemari, kursi, meja, dan bangunan rumah.
4. Bentuk nongeometris adalah objek bentuk yang tidak beraturan, misalnya bongkahan batu, api, dan sayur-sayuran.
5. Prinsip dalam seni rupa.
a. Prespektif. Prespektif merupakan prinsip penting dalam membentuk gambar. Gambar dengan hukum prespektif berarti gambar yang dekat kelihatan besar atau sebaliknya.
b. Proporsi, yang dimaksud dengan prinsip proposi dalam menggambar bentuk adalah kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dalam ukuran suatu benda antara bagian yang lsatu dengan yang lain
c. Komposisi, komposisi dalam menggambar bentuk dapat diartikan susunan atau letak objek benda.
d. Gelap terang, benda akan terlihat jika terkena cahaya. Benda yang tidak terkena cahaya tampak terang. Sebaliknya, bagian benda yang tidak terkena cahaya tampak gelap.
e. Bayang-bayang, dalam menggambar bentuk peranan bayang-bayang sangat menentukan untuk terciptanya kesan tiga dimensi.
6. Menggambar model merupakan kegiatan menggambar yang diawali dengan menentukan objek yang akan digambar. Objek gambar dapat berupa manusia atau tumbuh-tumbuhan.
7. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggambar :
a. Menggambar sesuai dengan daya cipta masing-masing (ide orisinal).
b. Menggambar sesuai dengan tema yang disajikan.
c. Menggambar bentuk dengan kreatif.
d. Mewarnai gambar dengan memperhatikan komposisi warna dan kerapian.
e. Cara menggunakan alat dan bahan dengan sesuai.
8. Dalam membuat narasi berdasarkan gambar, perlu dicermati maksud dari gambar, agar narasi yang dibuat sesuai dengan maksud gambar, sehingga penikmat gambar dapat memahami maksud dari gambar.
Komentar
Posting Komentar